Semarang Dalam 24 Jam

Tak punya waktu banyak di sebuah kota semestinya tak menyurutkan niat wisatawan untuk jalan-jalan. Penduduk lokal akan dengan senang hati mengarahkan kemana sebaiknya kaki mengayun untuk mendapat yang terbaik dari kota tersebut.

Untuk Semarang, bolehlah saya menyebut sebagai ahlinya berbekal pengalaman tinggal disana 18 tahun lamanya. Dibawah saya menjelaskan apa yang bisa pembaca lakukan jika hanya memiliki waktu sehari di ibukota Jawa Tengah ini. Enjoy ;)

06.00-08.00 Pantai Marina
Cara terbaik untuk menikmati pagi hari adalah dengan bermain di pantai. Pantai Marina menawarkan semilir angin, debur ombak dan pemandangan Laut Jawa dalam satu paket. Anak-anak kecil tampak bermain air ditemani orangtua mereka, sedangkan muda-mudi asyik berduaan sambil berpegangan tangan. Sedikitnya area berpasir tidak mengurangi daya tarik Pantai Marina sebagai pembuka acara jelajah Semarang kita.

08.00-09.00 Sarapan Soto Semarang
Belum afdol rasanya mampir ke Semarang tanpa mencoba makanan khasnya. Ya, Semarang punya Soto Semarang, soto gurih dengan aroma bawang goreng yang disajikan dalam mangkuk ukuran kecil. Porsinya yang sedikit memberi cukup ruang di perut untuk diisi makanan-makanan enak lainnya nanti. Coba soto Ijo di Jalan Indraprasta atau soto stadion.

09.00-12.00 Kawasan Pemuda Walking Tour

Tugu Muda

Tugu Muda

Dimulai dari Tugu Muda, monumen peringatan pertempuran 5 hari di Semarang tahun 1945, kita akan menyusuri trotoar lebar Jalan Pemuda dengan bangunan-bangunan indah di samping jalan. Luangkan waktu untuk mengunjungi Lawang Sewu yang menjadi ikon sejarah Semarang. Ornamen kaca dan pemandangan dari balkonnya sayang untuk dilewatkan sementara kisah hantu yang mengiringinya menambah sensasi eksplorasi.

Selanjutnya ada gedung balaikota, SMA 3, DP Mall, Paragon Mall, Hotel Novotel dan kantor Pertamina memberi warna Kawasan Pemuda. Toko Oen merupakan restoran saksi hidup pendudukan Belanda dan Jepang awal abad ke-20 yang ice cream-nya mengusir panas si kota pantai. Gunakan sisa waktu untuk tenggelam di keriuhan Pasar Johar. Siapa tau ada barang unik yang menarik untuk dibeli.

12.00-13.00 Makan Siang @ Pecel Yu Jum
Ada yang mau sepiring nasi dengan aneka macam sayur dan potongan paru disiram saus kacang? Mari makan siang di Pecel Yu Jum, sebuah nama untuk kualitas apabila kita berbicara tentang dunia perpecelan. Kesegaran masakannya adalah resep rahasia yang membuat pecinta makanan kembali datang. Pesanlah jeruk manis panas sebagai pelengkap makan. Sempurna!

13.00-16.00 Kota Lama & Pecinan Walking Tour

gang baru

Pasar Gang Baru

Sempatkan sholat dhuhur di Masjid Agung Jawa Tengah yang super luas sebelum menuju ke Kota Lama. Kawasan kaya warisan sejarah ini merupakan kompleks gedung perkantoran dari era kolonial. Bangunan-bangunan bergaya art deco masih mempertahankan kekokohannya meski usianya tidak lagi muda. Jangan lupa ambil gambar di depan Gereja Blenduk dengan kubah merahnya yang legendaris.

Ambil napas sejenak di polder depan Stasiun Tawang, lalu lanjutkan tur ke Kawasan Pecinan. Klaster etnis Tionghoa ini merupakan kawasan warisan budaya dengan beberapa klenteng berwarna merah terang yang tersebar acak. Salah satu jalannya, Gang Baru, adalah pasar tradisional favorit saya. Di akhir pekan Gang Warung disulap menjadi pusat wisata kuliner malam hari, lengkap dengan karaoke lagu mandarin di salah satu sudutnya.

16.00-17.00 Kudapan Sore Lumpia Gang Lombok

lumpia gang lombok

Lumpia Gang Lombok

Kalau Palembang punya pempek, maka Semarang punya lumpia, kudapan rebung (daun bambu) digulung dalam selembar adonan. Banyak tempat yang menjajakannya namun Lumpia Gang Lomboklah yang menciptakannya. Terletak di depan Replika Kapal Laksamana Cheng Ho, mereka mengklaim rasa lumpia buatan mereka masih sama dengan saat pertama kali mereka membuatnya. Lumpia Gang Lombok sekaligus menutup walking tour Kawasan Pecinan.

17.00-19.00 Kawasan Simpang Lima Walking Tour
Jantung kegiatan Semarang berada di Kawasan Simpang Lima, sebuah lapangan besar berbentuk lingkaran yang difungsikan sebagai alun-alun. Dari situ jalan bercabang ke lima penjuru-alasan mengapa lapangan ini disebut Simpang Lima. Tur dilakukan dengan menyusuri Jalan Pahlawan, salah satu cabang jalan utama, dari arah Simpang Lima menuju Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal.

simpang lima

Simpang Lima

Kantor gubernur dan DPRD Jawa Tengah, Telkom dan Kejaksaan adalah beberapa bangunan yang memunculkan kesan berwibawa pada kawasan ini. Trotoar yang baru saja direnovasi dan disterilkan dari pedagang kaki lima menambah kenyamanan pejalan kaki. Universitas Diponegoro di sisi kiri persimpangan air mancur adalah Mekahnya intelektual muda sedangkan penyuka belanja dimanjakan oleh Mal Ciputra yang menawarkan produk gaya hidup terkini.

19.00-21.00 Makan Malam @ S2

S2 Restaurant

S2 Restaurant

Sudah cukup dengan makanan lokal, sekarang kita mencicipi kelihaian Semarang memasak makanan impor. Restoran S2 yang terletak di Jalan Sisingamaraja adalah tempat gaul paling hip se-Semarang. Disini terdapat beberapa alternatif restoran yang menawarkan makanan Italia hingga Jepang. Semuanya berinterior bagus-sofanya, mejanya, lampunya. Khusus malam minggu live music top 40 diputar kencang yang membuat orang Jakarta berkata,”Akhirnya, peradaban!”. Haha.

21.00-23.00 Citylight @ Rinjani View
Semarang ini memiliki wilayah dataran rendah dan dataran tinggi. Apa artinya? Ketika malam hari kita dapat menikmati pemandangan kerlap-kerlip lampu yang menerangi malam Semarang. Dari Restoran Rinjani View di kawasan Rinjani lampu kota terlihat seperti seperti hamparan manik-manik bersinar sejauh mata memandang. Di ujung naun jauh disana mercusuar Pelabuhan Tanjung Mas menuntun kapal-kapal yang hendak bersandar.

Semarang menarik kan? Kecantikan kotanya dan keramahan warganya akan menyambut pembaca sejak tiba di bandara. Jadi tunggu apa lagi, pastikan Semarang ada di daftar tujuan wisata pembaca tahun ini.

About these ads

6 responses to “Semarang Dalam 24 Jam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: